Padang, (18/02/2021). Bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Padang, dilaksanakan kegiatan Pembinaan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM dengan narasumber pimpinan PTA Padang, Ketua PA Sawahlunto dan Ketua PA Solok yang telah mendapatkan predikat WBK pada tahun 2020.

Ketua PA Sawahlunto Elmishbah Ase, S.H.I. diberikan kesempatan pertama untuk sharing knowledge terkait pengalaman mendapatkan predikat WBK. Beliau menjelaskan pentingnya ada salah satu karakter dalam kantor yang dapat menyatukan semua karakter yang ada, sehingga dapat meningkatkan kerjasama tim sehingga problem yang ada dapat diselesaikan dengan baik. kemudian tidak kalah pentingnya bahkan yang paling penting, bagaimana cara kita dalam menyampaikan narasi saat presentasi pada waktu desk evaluasi, jika kita dapat meyakinkan evaluator dan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan evaluator dengan baik, maka insyaallah kita akan mendapatkan WBK.

Kemudian kesempatan kedua diberikan kepada Ketua PA Solok Dr. Muhammad Fauzan, S.H.I., M.A. untuk menceritakan pengalamannya mendapatkan predikat WBK. Beliau menjelaskan perlunya internalisasi pembangunan zona integritas pada seluruh Hakim dan Pegawai sehingga dapat bersama-sama menjalankan pembangunan ini dengan meminimalisir resiko yang akan terjadi dan kita juga perlu membuat strategi, rencana aksi, serta program-program yang secara konkrit dan dapat terlihat pada setiap indikator dalam pembangunan zona integritas. Dan sama seperti penjelasan dari Ketua PA Sawahlunto bahwa penting sekali presentasi yang kita sampaikan saat desk evaluasi, buatlah narasi yang menarik dan cara penyampaian yang dapat meyakinkan evaluator bahwa pembangunan zona integritas pada satker kita berjalan dengan baik, maka perlu kita banyak berlatih presentasi.

Setelah kedua narasumber menyampaikan pengalamannya mendapatkan predikat WBK, terakhir pembinaan yang disampaikan langsung oleh Wakil Ketua PTA Padang Dr. Abd. Hakim, M.H.I.. Dalam pembinaannya Beliau menyampaikan untuk seluruh Satker agar membuat catatan pengalaman pembangunan zona integritas. Untuk PA Sawahlunto dan PA Solok agar dapat mendokumentasikan presentasi desk evaluasi untuk dijadikan pedoman bagi Satker lain, lalu bandingkan, saling berbagi pengalaman sehingga untuk proses desk evaluasi berikutnya dapat dilakukan dengan maksimal. Beliau juga menjelaskan bagaimana kita memberikan layanan yang maksimal khususnya terkait perkara itsbat nikah dan dispensasi nikah. Untuk memberikan keadilan yang utuh perhatikan dalam membuat putusan terkait dengan aspek yuridis, filosofis, dan sosiologis. (Admin) 

 

Pembinaan, Pta padang, Ptapadang

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

1 0 5 0 3 9
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
43
387
4759
13322
105039
IP Anda : 3.238.249.17
2021-04-13 02:16