Jakarta (Selasa/20/8/2019), Bupati Kabupaten Darmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E melakukan kunjungan silaturrahmai ke Mahkamah Agung RI. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Padang Drs. H. Zein Ahsan.,MH yang mendampingi rombongan Bupati Darmasraya diterima langsung oleh Sekretaris Mahkamah Agung Achmad Setyo Pudjoharsoyo, SH.,M.Hum di ruang kerjanya.

Selain silraturrahmi, Bupati Kabupaten Darmasraya juga menyerahkan sertifikat hibah tanah secara simbolis dari Pemerintah Daerah kepada Sekretaris Mahkamah Agung. “Ketika Keppres pembentukan satker baru untuk wilayah hukum Kabupaten Darmasraya terbit, kami Pemerintah Daerah sudah siap mencarikan lahan tanah kosong untuk gedung Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Pulau Punjung. Proses hibahnya juga tergolong cepat dan tidak mengalami hambatan,” kata Bupati Darmasraya dalam sambutannya. Menurutnya, masyarakat Kabupaten Darmasraya sangat bersyukur dengan adanya dua satker baru. Satker ini diharapkan mampu memberikan kepercayaan kepada masyarakat dalam memberikan pelayanan peradilan yang prima sesuai dengan tusinya masing-masing.
Disamping itu juga Bupati berharap kepada Mahkamah Agung agar nomenklatur Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Pulau Punjung dapat dirubah. Karena kata “Pulau Punjung” adalah sebuah nama ibu kota di kecamatan. Sementara wilayah cakupan kerjanya Kabupaten Darmasraya. “Pulau Punjung itu adalah nama sebuah ibu kota Kecamatan, makanya kami memohon ke Mahkamah Agung agar nomenklatur Pengadilan ini dapat dirubah sesuai dengan cakupan wilayahnya yaitu Kabupaten Darmasraya,” ujarnya. Menanggapi permintaan khusus Bupati, Sekretaris Mahkamah Agung mengatakan Mahkamah Agung sedang mengkaji beberapa peraturan terkait nomenklatur pengadilan yang tidak sesuai dengan nama wilayahnya dan berharap juga agar Pemerintah Daerah ikut mendukung satker baru.

Dalam kesempata itu juga Sekretaris Mahkamah Agung menyampaikan bahwa pembangunan gedung tahun 2020 diprioritaskan bagi satker pengadilan baru. Yang diutamakan adalah pengadilan yang penerimaan perkaranya terbanyak dan melengkapi semua syarat-syarat yang akan diajukan ke kementerian keuangan seperti rencana anggaran biaya, gambar dan analisa harga dari Dinas Pekerjaan Umum setempat.

Mengakhiri rangkaian silaturrahmi dan kunjungan Bupati Kabupaten Darmasraya, Sekretaris Mahkamah Agung mengucapkan terimakasih atas atensi dan partisipiasi yang sangat luar biasa Pemerintah Kabupaten Darmasraya atas dukungan moril dan materil sehingga Pengadilan Agama Pulau Punjung dan Pengadilan Negeri Pulau Punjung dapat diterima dan menjadi bahagian penting dalam tatanan pemerintahan kabupaten.

Hadir pada acara silaturrahmi ini dari Pengadilan Tinggi Agama Padang langsung dipimpin oleh Drs. H. Zein Ahsan, MH (Ketua), Drs. Misbahul Munir, SH., MH (Panitera), Mukhlis, SH (Kabag Umum dan Keuangan) dan Ismail, S. HI., MA (Kabag Perencanaan dan Kepegawaian). Dari Pengadilan Tinggi Padang Edi Yulianto, SH., MH (Sekretaris). Sedangkan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Darmasraya adalah Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E (Bupati) dan beberapa orang staf. Ikut juga hadir Azizah Ali, S. HI., MH (Ketua PA Pulau Punjung). Dessy Darmayanti, SH., MH (Ketua PN Pulau Punjung) dan Zulfadhli, SH (Sekretaris PA Pulau Punjung serta Hartati, SH (Sekretaris PN Pulau Punjung). (IM_78)

 

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

2 2 8 4 6 4
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
203
373
14717
17727
228464
IP Anda : 3.227.233.55
2019-09-21 22:05