Tanggal 2 hingga 5 November 2020 Wilayah Sumatera Barat dikunjungi asesor dalam rangka Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu (APM). Asesor yang datang berasal dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Ditjen Badilag), begitu juga dengan pendamping asesor yang berjumlah 3 orang ditugaskan oleh Ditjen Badilag. Satu Satker dikunjungi asesor setiap harinya. Satker yang dikunjungi pada tanggal tersebut secara berurutan adalah Pengadilan Agama (PA) Padang Panjang, PA Maninjau, PA Batusangkar dan PA Sawahlunto. Empat Satker yang dikunjungi tersebut semuanya merupakan surveillance ke-2 kecuali PA Maninjau, Satker ini sudah dilakukan surveillance APM sejak 2018 sehingga kali ini merupakan surveillance yang ke-3 baginya.

Asessmen surveillance APM merupakan usaha Tim APM Ditjen Badilag Mahkamah Agung RI dalam rangka memantau dan mengukur konsistensi penerapan APM secara terus menerus dan berkesinambungan, serta dalam rangka meningkatkan mutu dan layanan PA kepada para pencari keadilan yang berstandar kepada Sistem Manajemen Mutu.

Pelaksanaan Asesmen Surveillance ini mengacu kepada Pedoman APM Badilag yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Badilag nomor 2081.b/DJA/OT.01.3/10/2018 tanggal 6 Oktober 2018 tentang Pemberlakuan Pedoman Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Agama. Penilaian Asessmen Surveillance yang ditetapkan Badilag ini menggunakan 2 mekanisme, yaitu telusur dokumen dan observasi dan wawancara implementasi.

Asesor yang datang bersama dengan 3 pendamping ini merupakan Tim Asesmen Eksternal. Sedangkan Tim Asesmen Internal berasal dari Satker sendiri yang dibentuk Ketua PA. Tim Asessmen Eksternal setiap datang ke Satker tujuannya harus langsung melakukan observasi kondisi sarana dan prasarana serta kebersihan lingkungan peradilan, mengamati pelaksanaan 5R dan 3S, mengamati kesiapan petugas dan pelayanan PTSP dan resepsionis. Hal ini tercantum dalam surat Dirjen Badilag nomor 3127/DJA/HM.00/9/2020 tanggal 3 September 2020.

Sebelum bulan ini juga sudah ada asessmen surveillance di Sumatera Barat dengan kunjungan dari asesor Badilag dan juga masih ada setelah ini. Adapun asesor Badilag yang mengunjungi Sumatera  Barat 4 hari ini adalah Sutarno, S.I.P., M.M., sedangkan pendamping asesor adalah Ismail, S.H.I., M.A., Lilik Subagyo, S.Kom., M.H. dan Aidil Akbar, S.E.

 

 

 

APM, , , Badilag

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

5 3 1 1 1
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
275
397
1380
9128
53111
IP Anda : 3.238.147.211
2020-12-04 14:55