Foto Bersama Pimpinan PTA dengan Ketua Pengadilan Agama di Lingkungan PTA Sumatera Barat

rakor_img2

Pembukaan Rapat Koordinasi se Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Barat oleh Ketua Panitia Rakor, Ketua PTA, Panitera, dan Sekretaris PTA Sumatera Barat

 

Padang| www.pta-padang.go.id

 

Hari Kamis Tanggal 22 Februari 2018, Pukul 16.00 WIB di Aula Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Barat Pimpinan Pengadilan Tinggi Agama Padang bersama dengan Ketua Rakor, Panitera dan Sekretairs membuka acara Rapat Koordinasi se Wilayah PTA Suamtera Barat. Sambutan diawali oleh Drs. H. Syamsir Suleman, ucapan selamat dan terima kasih dihaturkan oleh Pak Syamsir selaku Ketua Panitia Rakor kepada seluruh peserta yang telah hadir pada kegiatan kali ini. Kemudian sambutan dilanjutkan oleh Ketua PTA Sumatera Barat Drs. H. Hasan Basri Harahap, S.H., M.H., dalam sambutannya Beliau memberikan informasi terkait hal-hal yang disampaikan oleh Sekretaris Mahkamah Agung RI dalam Rakor di Jakarta, berikut poin-poinnya :

  • Pentingnya rakor dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas.
  • Posisi Sekretaris di PA atau PTA untuk mendukung fungsi utama badan peradilan agama itu sendiri. Jangan sampai badan peradilan tidak jalan. Jangan sampai Sekretaris jalan sendiri, jalan melenceng, tidak mendukung Ketua, dll.
  • Empat pilar peradilan tidak boleh jalan sendiri, harus kompak antara Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris. Harapannya setelah ini jangan sampai ada yang jalan sendiri.
  • Kita patut bersyukur jika remun naik menjadi 85% di tahun 2018 sesuai informasi dari Sekma. Karena penghargaan yang telah diperoleh dari Mahkamah Agung. MA sudah berturut-turut WTP.
  • Penerimaan calon hakim semua SK telah terbit. Semua PA juga sudah menerima SK, sekma berharap untuk mengurus hak-hak mereka. Agar mereka mendapatkan hak-haknya seolah-olah mereka sudah bertugas. CPNS sejak tanggal 21-23 Februari sudah berada di Bogor, pada tanggal 26 sudah masuk pelatihan di Balai Diklat Keagamaan Padang sebanyak 80 peserta (2 Kelas) masing-masing kelas terdiri dari 40 orang.
  • Operasional PA Baru, diprediksi 1 Maret 2018. KPTA, KPT, TUN, MIL.
  • Betapa pentingnya data kepegawaian. Dalam SIKEP atau dokumen lain. Untuk promosi, naik pangkat, pensiun, dll kedepannya bakal menggunakan itu.

Adapun beberapa pesan dari Ketua Kamar Agama, yaitu diantaranya :

  • Bahwa kegiatan IKAHI akan ada MUNAS IKAHI Bulan Maret. Akan diikuti oleh seluruh daerah. PT dan PTA kita saat ini belum clear. Sudah disampaikan bahwa ada perubahan struktur organisasi tetapi SK dari PT tidak ada konfirmasi.
  • Terdapat kesepakatan bahwa penyetoran iuran IKAHI dari PA melalui PTA saja, nanti PTA akan melaporkan ke PT.
  • Pak Firdaus menjadi bendahara IKAHI dari PTA.
  • Jika PT tidak berangkat, PTA Tetap berangkat. Untuk kepentingan keilmuan maupun silaturahmi. Jika terdapat kursi 10, kita berangkat 20 karena ada 17 satker dan 3 orang dari pta.
  • PPHIM pengumpulannya tertib administrasi. Dapat dipertanggungjawabkan baik kepada manusia maupun kepada Allah.
  • PTWP 2018 di Makassar sebagai tuan rumah.
  • Pengurus PTWP daerah saat ini masih kosong. Perlu dibentukan kepengurusan PTWP yang baru
  • Hakim jangan sampai ada yang mau dipanggil oleh polisi. Karena kita punya aturan. Namun jika ada polisi yang datang untuk konsultasi hukum dapat kita layani asalkan tidak melecehkan kita.
  • SK sudah 15 di PTA dan 4 dari PTA lain. Untuk pelantikan tidak sampai tgl 10 maret. Nantinya di akhir rakor akan dibahas kemudian.

Pada Keesokan harinya Jumat tanggal 23 Februari 2018 Pukul 08.30 WIB DI Aula PTA Sumatera Barat, Rakor dilanjutkan dengan pembahasan dari Wakil Ketua PTA Sumatera Barat tentang Temuan Permasalahan Hukum apa yang harus diperbaiki dan apa solusi dari permasalahan tersebut khusus dalam proses persidangan.

img_rakor3

Suasana Penyampaian Materi Tentang Temuan Permasalahan Hukum oleh Wakil Ketua PTA Sumatera Barat Drs. H. R. M. Zaini, S.H., M.H.I. yang didampingi oleh Drs. H. Hasan Basri Harahap, S.H., M.H.(Ketua PTA), Drs. H. Thamrin Habib, S.H., M.H.I. (Hakim Tinggi), dan Notulen Rapat (Listya Rahma, A.Md.)

 

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembahasan terkait permasalahan Teknis, Non Teknis, SAPM(Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu) di lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Barat yang dibagi kedalam 3(tiga) Komisi, Komisi A (Teknis), Komisi B (Non Teknis), dan Komisi C (SAPM).Dalam tiap-tiap Komisi terdiri dari Tim Perumus dan Anggota-anggota.

rakor_komisiA

Suasana Rapat Komisi A (Bidang Teknis) di Ruang Perpustakaan PTA

rakor_komisB

Suasana Rapat Komisi B (Bidang Non Teknis) di Ruang Sidang PTA

rakor_komisiC

Suasana Rapat Komisi C (SAPM) di Ruang Aula PTA

Kemudian setiap komisi berkumpul kembali pukul 14.30 WIB di ruang Aula PTA untuk menyampaikan hasil dari rumusan solusi dari tiap permasalahan dimasing-masing komisi yang diwakili oleh Sekretaris tiap-tiap komisi. Setelah itu, secara simbolis Ketua Panitia Rakor Drs. H. Syamsir Suleman menyerahkan hasil rumusan tersebut kepada Ketua PTA Sumatera Barat Drs. H. Hasan Basri Harahap, S.H., M.H.

penyerahan_rumusan

Penyerahan Hasil Rumusan Permasalahan Teknis, Non Teknis, SAPM dari tiap-tiap komisi yang diwakili oleh Drs. H. Syamsir Suleman kepada Drs. H. Hasan Basri Harahap, S.H., M.H.

 

Acara terakhir sekaligus penutupan pada Rapat Koordinasi kali ini yaitu penyerahan piagam penghargaan untuk setiap Satker di lingkungan PTA Sumatera Barat sebagai reward yang diberikan karena kinerja dan prestasi yang baik tahun 2017 dan penyerahan SK mutasi dan promosi Pimpinan Pengadilan Agama di lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Barat. Adapun 7 (tujuh) kriteria dalam pemberian piagam penghargaan (reward) diantaranya yaitu : Pelaporan Perkara Terbaik, Pengelolaan Data Aplikasi Backup SIKEP dan E-Doc Terbaik, Pelaporan Keuangan Melalui Aplikasi e-Rekon & LK tercepat dan akurat, Pengisian Laporan Realisasi Anggaran pada Aplikasi Komdanas Terupdate, Pelaporan melalui Aplikasi Monev Bappenas tercepat dan akurat, Penatausahaan dan Pengelolaan BMN terbaik, dan Penyampaian Laporan Tahunan terlengkap.  Pengadilan Agama Lubuk Basung memborong 4 (empat) Reward yang terdiri dari Pelaporan Perkara Terbaik, Penyampaian Laporan Tahunan terlengkap, Penatausahaan dan Pengelolaan BMN terbaik, dan Pelaporan melalui Aplikasi Monev Bappenas tercepat dan akurat. Pengadilan Agama Padang 2 (dua) Reward yang terdiri dari Pelaporan Keuangan Melalui Aplikasi e-Rekon & LK tercepat dan akurat dan Pengisian Laporan Realisasi Anggaran pada Aplikasi Komdanas Terupdate kemudian Pengadilan Agama Talu 1 (satu) Reward yaitu tentang Pengelolaan Data Aplikasi Backup SIKEP dan E-Doc Terbaik.

penyerahan_reward_rakor

Suasana Pemberian Piagam Penghargaan (Reward) karena memberikan Kinerja yang Terbaik Tahun 2017

penyerahan_SK_promosi_rakor

Suasana Pemberian SK Promosi dan Mutasi Pimpinan Pengadilan Agama Di lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Barat

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

1 1 8 8 4 2
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
19
293
118842
0
4353
9620
118842
IP Anda : 54.159.44.54
2018-11-15 00:21