“Dari kegiatan ini, diharapkan tercapai kesepakatan agar terwujudnya zona integritas di seluruh pengadilan agama se-Sumatera Barat”, kata Mukhlis, S.H. dalam laporan panitia Bimtek Zona Integritas di Hotel Pangeran City, Jl. Dobi No. 3-5, Padang.

Dalam laporan kegiatan yang diikuti oleh Ketua dan Panitera Pengadilan Agama se-Sumatera Barat ini, ketua panitia menyemangati peserta dalam mewujudkan zona integritas yang dikenal dengan ZI ini dengan menyampaikan bahwa PA Lubuk Basung diusulkan untuk mengikuti penilaian zona integritas tingkat nasional, dimana sudah beberapa kali dilakukan kunjungan oleh Badan Pusat Statistik.

Bimbingan Teknis Zona Integritas ini dibuka secara resmi oleh Drs. H. Misbahul Munir, S.H., M.H., Panitera Pengadilan Tinggi Agama Padang. Dalam pembukaan acara oleh Misbah, begitu panggilan beliau, beliau menyampaikan bahwa sudah ada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah untuk dipedomani.

Misbah memerintahkan, setelah mengikuti bimtek ini, “Periksa dokumen yang ada di Satker, apa sudah pernah melaksanakan sosialisasi?”. Jika belum, “Lakukan sosialisasi dan pembinaan”, perintah beliau.

Panitera PTA Padang ini juga memberikan kiat, “Bukti jika bapak ibu sudah melaksanakan sosialisasi zona integritas”, kata beliau, “Memiliki bukti-bukti yang terdiri dari undangan, daftar hadir dan notulen rapat serta dokumentasi foto”. Sebagai bukti, harus disertai undangan, bukan dengan nasehat via handphone, “tidak cukup jika bapak ibu menggunakan handphone saja, jika nelpon berjam-jam pun, tapi tidak ada evidennya, dianggap tidak ada”, kata beliau. “Untuk dokumen foto, minimal harus disiapkan 2 atau 3 foto, jika tidak ada eviden ini, dianggap tidak ada”, tambah beliau.

Satker yang belum melaksanakan zona integritas ini, diminta untuk segera mencanangkannya. PTA sangat berharap agar semua PA melaksanakan pencanangan zona integritas.

 

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

2 4 9 2 3 0
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
20
385
15628
20358
249230
IP Anda : 35.172.195.49
2019-11-22 01:10